Honorer di Pemko Banjarmasin Tak Dapat THR

hallobanua.com, BANJARMASIN - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para ASN di lingkup Pemkot Banjarmasin akan dibayarkan pada bulan Maret ini.

Hal itu ditegaskan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman belum lama tadi. 

"Dananya sudah ada, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU)," beber Ikhsan, pada Senin (25/3/2024) kemarin, di Balai Kota Banjarmasin.

Tak hanya THR yang akan di bayarkan bulan ini, Ikhsan juga mengungkapkan bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) juga akan dibayarkan berbarengan.

"Berbarengan ingcludenya. Namun, untuk komponen TPP nanti hanya 50 persen. Dan THR tetap full besarannya 100 persen," Tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin, Edy Wibowo membeberkan, kemungkinan THR ini cair antara tanggal 27 atau 28 Maret.

Dirinya menjelaskan, kenapa TPP hanya dibayarkan sebesar 50 persen, tidak bisa full sepenuhnya. Menurutnya ini karena menyesuaikan kemampuan daerah.

"Misalnya TPP ASN itu Rp10 juta, maka akan dibayarkan Rp5 juta saja," ucap Edy.

Ia menerangkan, untuk klausul TPP memang tidak ada aturan baku. Hanya saja sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Untuk ASN Pemkot Banjarmasin jumlah totalan TPP yang harus dibayarkan tiap bulannya mencapai Rp 20 miliar.

"Karena dipangkas 50 persen maka untuk Maret ini hanya Rp10 miliar saja," tuturnya.

Para penerima THR ini pun, dikatakannya adalah para ASN, PPPK, Karyawan BLUD serta anggota Dewan. Disisi lain, untuk nasib para non ASN, alias honorer. Edy mengaku tidak bisa berbuat banyak 

"Kalau honorer tidak ada THR. Aturannya begitu. Kecuali outsourcing, itu pihak ketiga yang harus membayarkan THR mereka," jelasnya.

Oleh karena itu, Ia menyerahkan kebijakan itu kepada masing-masing SKPD, sebagai bentuk empati terhadap honorer di lingkungan kerjanya.

"Bisa dengan cara patungan. Paling banyak ada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan, Satpol PP dan SKPD lainnya," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya