Kehigienisan Makanan & Minuman Di Pasar Ramadan, Menjadi Perhatian Wakil Rakyat

Hallobanua.com, PELAIHARI - keberadaan pasar wadai dibulan suci Ramadan 1445 H hadir di seluruh daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Begitu juga di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Di Tala pasar wadai yang difasilitasi pemda dinamai Ramadhan Expo 2024 yang berada di kawasan pedestrian Jalan Hadji Boejasin, Pelaihari.

Di Kota Banjarmasin Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin langsung melakukan pengambilan sampel makanan dan minuman pada acara pembukaan Pasar Ramadhan. Ada satu sampel yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya yakni jenis kerupuk.

Hal tersebut turut menjadi atensi wakil rakyat di daerah ini.

"Sehubungan temuan BBPOM Banjarmasin itu, saya sebagai Ketua Komisi 2 DPRD Tala menyarankan untuk dilakukan hal serupa di Tala," cetus H Junaidi SKM, Kamis (14/3/2024).

Menurutnya makanan dan minuman yang dijual di lokasi Ramadhan Expo 2024 Tala di Pelaihari perlu juga dilakukan pemeriksaan.

Beberapa jenis makanan/minuman setempat dapat diambil sampelnya untuk diperiksa.

Pengambilan sampel tersebut, kata Junaidi, bisa dilakukan dengan secara acak. Terutama makanan/minuman yang dicurigai secara fisik seperti mengandung bahan berbahaya.

Mantan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala ini mengatakan pengambilan sampel tak cuma sekali. Namun perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan sampel yang memadai.

Jika ditemukan makanan/minuman yang mengandung bahan berbahaya atau tidak diperkenankan, sebutnya, maka perlu ditelusuri hingga tempat produksinya.

Langkah itu penting untuk selanjutnya dilakukan pembinaan dan pengawasan melekat. Dengan begitu tidak lagi memproduksi makanan/minuman menggunakan bahan yang dilarang.

"Juga perlu di-review cara pengolahan makanan dan minuman yang memenuhi syarat serta tidak membahayakan bagi konsumen," tandasnya.

Melalui langkah tersebut, lanjut Junaidi, kalangan konsumen makanan dan minuman yang membeli di Pasar Ramadhan Expo Tala merasa aman.

Sumber : Banjarmasinpost 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya