Lanjutkan Implementasi Prinsip ESG Melalui Ruang Digital yang Aman dan Kreatif bagi Generasi Muda, Telkomsel Gelar Internet BAIK Series 8 di Banjarbaru

hallobanua.com, BANJARBARU - Dalam upaya menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab, Telkomsel kembali menggelar program Internet Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (Internet BAIK) pada Selasa (5/3/2024) tadi.

Hadir di SMAN Banua Kalsel, SMKN 1 Banjarbaru, dan SLB-C Negeri Pembina Kalsel selaras dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dari Kominfo yang bertujuan mendidik masyarakat Indonesia di bidang literasi digital.

Pelaksanaan program Internet BAIK Series 8 kali ini mengusung tema "Empower Creative Generation", mengedepankan fokus Telkomsel terhadap peningkatan literasi digital generasi muda dengan mendukung pembentukan karakter kreatif dan inspiratif dalam pemanfaatan internet dan media sosial. 

Sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel dalam upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Internet Baik Series 8 turut melibatkan edukasi digital bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas.

“Kami berharap Internet BAIK dapat mendukung peningkatan literasi digital ke berbagai sektor, terutama pendidikan. Semoga Telkomsel dan program CSR unggulannya ini dapat mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan lebih produktif di dunia digital secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan, terutama dengan menjaga toleransi dan demokrasi di ranah digital khususnya pada tahun politik 2024, serta meningkatkan kemampuan literasi digital sebagai pilar pembangunan berkelanjutan, bagian dari masyarakat global yang berdaulat secara digita,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan Muhammadun.

Mengedepankan semangat menggerakkan kemajuan, Internet BAIK Series 8 mengoptimalkan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui e-repository bahan ajar digital, memfasilitasi kolaborasi antar siswa maupun guru dari berbagai sekolah untuk berbagi ide, menerapkan strategi pengajaran terdepan, serta memaksimalkan sumber daya pendukung pembelajaran. 

Dalam upaya meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, Internet BAIK Series 8 memberikan pelatihan dan dukungan tambahan kepada para guru/tenaga pendidik untuk meningkatkan kualifikasi mereka dalam menggunakan metode pengajaran yang efektif. 

Internet BAIK Series 8 juga menghadirkan Ketua Relawan ITK Kalimantan Selatan Enni Tridha R, Digital Content Creator Said Jola, dan Co Founder Kreta Digital dan Content Creator Yudha Apriliano untuk memberikan materi tentang pemanfaatan internet secara positif dan produktif.

"Selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, yang menginspirasi semangat Telkomsel untuk terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip ESG, program Internet BAIK kami hadirkan kembali dengan mengambil peran mendukung literasi digital generasi muda yang kreatif dan inspiratif melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam penggunaan teknologi. Telkomsel berharap program Internet BAIK dapat terus secara inklusif dan berkelanjutan menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab." Ungkap Manager Mobile Consumer Telkomsel Branch Banjarmasin M. Norhansyah.

Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, secara onsite bagi para guru/tenaga pendidik, orang tua, komunitas, pelajar, dan serta siswa/siswi penyandang disabilitas dari SLB setingkat SMA, rangkaian program Internet BAIK Series 8 tahun ini dimulai dengan Seminar bersama profesional dan praktisi yang akan berbagi insight dan pengalaman berharga tentang tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital. 

Kemudian, Internet BAIK akan dilanjutkan dengan Workshop dan Bootcamp kecakapan kreatif digital secara luring dan daring untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas. Pada penghujung program di tiap lokasi, Internet BAIK Series 8 akan melangsungkan Showcase dari karya prototype platform yang dibuat oleh para peserta.

Sejalan dengan agenda besar Pemilu 2024 dan berbagai tantangannya, terutama di sektor digital, program Internet BAIK juga dihadirkan untuk menciptakan ruang digital yang sejuk, aman, dan inklusif bagi seluruh masyarakat dalam berdemokrasi.

Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang tahun ini akan mengikuti pemilu pertama mereka, Telkomsel berharap dapat mendukung keberlangsungan Pemilu 2024 yang sehat dan damai dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital.
InternetBAIK adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dalam meningkatkan kualitas kewarganegaraan digital (digital citizenship) dengan konsisten mengambil peran mendukung peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda yang kreatif dan inspiratif untuk menciptakan konten positif dan efektif secara sehat dan positif. 

Sejak tahun 2016, Internet BAIK telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi secara bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif (BAIK) bagi lebih dari 15,5 ribu pelajar di lebih dari 780 sekolah, dan lebih dari 7 ribu guru, orang tua, dan komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten di seluruh penjuru Indonesia, hingga menciptakan lebih dari 1.600 Internet BAIK Agents of Change bersama lebih dari 270 kreator konten. 

Guna mendukung pelaksanaan Internet BAIK, Telkomsel pun memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk ikut serta berpartisipasi melalui program employee volunteering.

Informasi lebih lanjut mengenai program Internet BAIK Series 8 dan registrasinya dapat diakses melalui laman internetbaik.id.

Tim liputan
kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya