Telisik Prospek Banjarmasin 3 Tahun Kedepan, Pemko Libatkan Seluruh Elemen Pembangunan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman membuka Sosialisasi & Diseminasi Hasil-Hasil Kelitbangan Kota Banjarmasin, bertempat di Best Western Kindai Hotel, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kajian rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh forum tim peneliti pengembangan bersama Bappeda Litbang Kota Banjarmasin dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam arahannya, Ikhsan Budiman berharap hasil-hasil kelitbangan dan rekomendasi yang dikaji dapat mendukung peningkatan kinerja pemerintah kota Banjarmasin maupun aspek pelayanan publik yang lebih optimal.

"Sebelumnya kami apresiasi atas segala masukan dari para peneliti melalui kajian-kajiannya terhadap kota Banjarmasin yang dikenal sebagai kota perdagangan jasa, kota yang berbasis sungai dan masih kental dengan akan kearifan lokalnya," terang Ikhsan Budiman.

Sedikitnya ada 8 hasil kelitbangan yang coba dikaji, meliputi Pola Pengendalian Gelandangan dan Pengemis (Gepeng), Pemenuhan Hak Anak, Hak Penyandang Disabilitas, Pola Percepatan Penanganan Stunting, Pola Kelola Persampahan Menuju Waste Energy, Pola Klaster Wisata berbasis Tematik, Potensi UMKM dalam Pengembangan Pariwisata serta kesiapan Kota Banjarnasin menjadi penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Semua hasil kelitbangan tersebut nantinya akan disusun dalam dokumen Rencana Induk (Rinduk) dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK Kota Banjarmasin Tahun 2023-2026.

Lebih lanjut, Ia ingin kolaborasi yang telah terjalin dari adanya pertemuan ini dapat menyelesaikan berbagai isu strategis pembangunan yang ada di kota Banjarmasin.

"Usulan-usulan penelitian ini tentu tidak hanya didapatkan dari kita (pemda) saja melainkan juga melibatkan masukan dari berbagai elemen termasuk masyarakat," ujarnya lagi.

"Sehingga outputnya kita harapkan ini bisa mensejahterakan masyarakat, melalui langkah-langkah pemberdayaan dan pembinaan," tutupnya.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil-Hasil Kelitbangan Kota Banjarmasin Tahun 2024 oleh Sekdako Ikhsan Budiman bersama sejumlah SKPD terkait.

Turut hadir Asisten Perekonomian & Pembangunan, Drs Madyan, Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Litbang, Ignasius R.P. Salan, sejumlah Kepala SKPD, instansi vertikal, unsur Akademisi, Mahasiswa, Komunitas, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pengusaha dan tokoh masyarakat.

Penulis : tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya