Utang Pemko Banjarmasin Mulai Dibayarkan Hari Ini

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko Banjarmasin) akan melakukan pembayaran utang-utang ke penyedia jasa untuk pengerjaan di tahun 2023 lalu, mulai hari Kamis (14/03/2024) ini.

Hal itu menyusul rampungnya penerbitan Surat Penyediaan Dana (SPD) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), oleh Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin.

"Dengan ini SKPD sudah bisa melakukan permintaan pencairan terkait hutang-hutang," ungkap Kepala BPKPAD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo, pada Kamis (14/03/2024).

Edy bilang, Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) sudah bisa dibuat oleh SKPD untuk pencairan dana.

"Alhamdulillah dana kita mencukupi untuk tahap awal Maret ini. Kita targetkan sekitar Rp70 Miliar untuk diberikan ke 17 SKPD," bebernya.

"Tetapi ada 6 SKPD yang dibayar sekaligus. Seperti Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan sekitar Rp2 Miliar," lanjut Edy.

Kemudian, pada bulan April kata dia, akan ada lagi pembayaran tahap selanjutnya dengan dana tersedia sekitar Rp150 Miliar.

"Total sekitar Rp348 Miliar. Kita targetkan bulan Mei beres. Beberapa SKPD dibayar dua tahap, Maret dan April. Seperti Sekretariat Dewan, Sekretariat Daerah dan Dinas Perhubungan," jelasnya.

Lebih jauh, Edy menambahkan ada beberapa SKPD yang pembayarannya paling besar yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD Sultan Suriansyah dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin.

Kemudian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin.

"Sebagian ada melakukan talangan di Bank. Sisanya ada juga pembayaran di APBD Perubahan. Tidak banyak, sekitar puluhan juta di 4 SKPD," pungkas Edy.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya