Meriahkan Hari Tari Sedunia, Pemko Banjarmasin Gelar Pelatihan Tari Japin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Menyemarakkan Hari Tari Sedunia pada 29 April 2024 ini, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar pelatihan Tari Japin gratis kepada anak-anak selama satu tahun. 

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kota Banjarmasin, Rahman Nafarin, seni tari di Banjarmasin dianggap bagian penting untuk menunjukan identitas daerah dan sekaligus pelestarian, agar tak mudah tertelan oleh zaman di era teknologi yang serba digital sekarang ini.

"Kita memiliki program pelestarian kebudayaan asli suku banjar salah satunya tari japin," katanya, Senin (29/04/2024).

Dikatakannya, Tari Japin digelar khusus untuk melatih dan mengenalkan tari khas melayu itu kepada anak-anak penerus bangsa.

Tarian yang khas diiringi alat musik gambus dan rebana itu digelar sebulan sekali, dimana pelatihannya dilaksanakan di Menara Pandang, Siring Tendean Banjarmasin.

Tak tanggung, pihaknya juga menghadirkan pelatih tari yang profesional asal Kalsel yang dihadirkan 5 orang pelatih

"Untuk pelestarian tari japin kami mengadakan pelatihan setiap sebulan sekali di Menara Pandang. Alhamdulillah ini diantusiasi oleh anak maupun orang tuanya yang mengantarkan, katanya.

Pelatihan tari tidak dipungut biaya alias gratis. Pemko bahkan menyediakan makan minum dan uang jajan untuk siswa tari. 

"Sejauh ini, siswa yang mengikuti pelatihan tari sudah ada 50 anak, usia mulai 12-17 tahun. Mereka mendapat program pelatihan setahun penuh dan sampai benar-benar dinyatakan mahir," tuturnya.

Nantinya jika sudah mahir, tari japin diharapkan dikembangkan lagi oleh siswa tersebut hingga tarian kembali di ajarkan di lingkungan tempat tinggal.

"Pelatihan kami gratiskan, siswa tari mendapat program sampai benar-benar mahir. Setelah itu kita harapkan mereka kembali mengembangkan di lingkungan masing-masing," imbuhnya.

"Setelah ini kami juga akan membuat program pelatihan tari lainnya, seperti tari baksa kambang dan tari khas banjar lainnya yang semata-mata untuk pelestarian budaya kita," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya